PENGARUH FACEBOOK DAN TWITTER
TERHADAP PELAJAR
D
I
S
U
S
U
N
KELOMPOK 2
APRILIA
ARSITA (20)
TRI UTAMI
SURYANINGSIH (23)
ROSINDA
PRATIWI (22)
MUH.DARMANSYAH
ARIF (14)
SMP NEGERI 19 MAKASSAR
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
MOTTO :
"Jadilah seperti karang di lautan yang kuat
dihantam ombak dan kerjakanlah hal yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang
lain, karena hidup hanyalah sekali. Ingat hanya pada Allah apapun dan di
manapun kita berada kepada Dia-lah tempat meminta dan memohon".
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami ucapkan
atas kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya kami masih
diberi kesempatan untuk menyelesaikan tugas karya ilmiah Sederhana Bahasa Indonesia Ini. Tidak lupa juga kami ucapkan terima kasih kepada
guru bahasa Indonesia yaitu Ibu Nurjannah,S.Pd. yang
telah membimbing kami sehingga dapat mengerti tentang bagaimana cara menyusun karya tulis ilmiah Ini.
Karya Ilmiah Ini disusun
agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang “Dampak Facebook dan
Twitter bagi Remaja Indonesia”, yang kami sajikan
berdasarkan dari berbagai sumber media. Makalah ini kami susun dengan berbagai rintangan, baik itu yang datang dari diri
kami pribadi maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan
terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya karya ilmiah ini dapat terselesaikan.
Semoga karya ilmiah kami ini dapat bermanfaat bagi teman-teman pada umumnya dan khususnya pada diri kami sendiri. Mudah-mudahan juga dapat memberikan
wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Kami sangat membutuhkan kritik serta saran yang sifatnya membangun dari para
pembaca, karena sesungguhnya kesempurnaan bukan milik kami melainkan kesempurnaan
milik Tuhan.
Makassar, Februari 2014
Kelompok 2
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . i
HALAMAN MOTTO . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . ii
KATA PENGANTAR . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . .. . . iii
DAFTAR ISI . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ..iv
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . .. . . . . . . 1
B. Rumusan Masalah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
.. . . . . . .2
C. Tujuan
Penulisan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . 2
D.
Sistematika
Penulisan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .2
BAB II PEMBAHASAN
A.
Pengertian facebook dan twitter . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . .. .3
B. Pengaruh facebook dan twitter terhadap
pelajar . . . . . . . . . . . . . .3
C. Dampak
positif dan negatif facebook dan twitter bagi
pelajar . . .5
BAB III PENUTUP
A.
Simpulan
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .8
B.
Saran . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . .8
DAFTAR PUSTAKA. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . ..9
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dengan
hadirnya internet yang merupakan alat tercanggih
saat ini. Internet
yang sering digunakan pelajar saat ini, terutama
jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Karena
dengan menggunakan kedua jejaring
sosial tersebut pelajar
dapat dengan mudah berkomunikasi jarak dekat maupun jarak jauh.
Dari
hasil survei menyatakan bahwa penggunaan internet untuk pertemanan (31%),
mencari informasi (27%), dan membaca berita (15%). Hal ini membuktikan bahwa
situs pertemanan banyak diminati oleh para pengguna internet.
Dengan situs facebook
dan twitter
kita dapat menjalin sebuah pertemanan dan berkomunikasi dengan lebih dari satu
orang yang berada tidak hanya di daerah yang sama melainkan diberbagai penjuru
dunia. Bukan hanya itu, kita juga dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita
karena banyak berita terbaru yang dapat kita peroleh secara Cuma - cuma disana. Manfaat situs jejaring
sosial ini dapat dipandang dari sisi positif dan sisi negatif, tergantung siapa
yang menggunakannya dan untuk apa digunakannya.
Sejak tahun 2012,
Facebook dan twitter
mengalami peningkatan yang
sangat besar penggunaannya
di Indonesia. Hingga sekarang, Indonesia
menjadi Negara nomer 1 di Asia dengan user
Facebook terbanyak dan nomer 2 di dunia setelah Amerika Serikat dengan
pengguna berjumlah 150 Juta user aktif. ( Detik.com: 2012 )
B. Rumusan Masalah
1. Apa yang dimaksud dengan facebook
dan twitter?
2. Bagaimana Pengaruh facebook dan twitter terhadap pelajar?
3. Apa dampak positif dan negatif facebook
dan twitter bagi
pelajar?
C. Tujuan Penulisan
1. Untuk
mengetahui apa itu facebook dan twitter
2. Untuk
mengetahui bagaimana pengaruh facebook dan twitter
3. Untuk
mengetahui dampak positif dan negatif facebook dan twitter
D. Sistematika Penulisan
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
B.
Rumusan
Masalah
C.
Tujuan
Penulisan
D.
Sistematika
Penulisan
BAB II PEMBAHASAN
A.
Pengertian facebook dan twitter
B.
Pengaruh facebook dan twitter terhadap
pelajar
C.
Dampak
positif dan negative facebook dan twitter bagi
Pelajar
BAB III PENUTUP
A.
SIMPULAN
B.
SARAN
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian facebook dan twitter
Pengertian
facebook menurut wikipedia berbahasa indonesia adalah sebuah web jejaring
sosial yang didirikan oleh mark
zuckerberg dan diluncurkan pada 4 Februari 2004 yang memungkinkan para
pengguna dapat menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi
personil lainnya dan dapat bergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi
dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.
Pengertian
twitter menurut
wikipedia berbahasa indonesia adalah layanan jejaring sosial yang
memungkinkan penggunaannya
untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter,
yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, Di Twitter, pengguna tak terdaftar hanya
bisa membaca kicauan, sedangkan pengguna terdaftar bisa memosting kicauan
melalui antarmuka situs web, pesan singkat (SMS), atau
melalui berbagai aplikasi
untuk perangkat seluler.
B. Pengaruh facebook dan twitter
terhadap pelajar
Pengaruh facebook
dan twitter pada pelajar semakin hari semakin terasa, meskipun para
facebookers dan retweet banyak yang tidak menyadari akan pengaruh penggunaan situs ini. Mungkin karena sudah
kecanduan, tapi justru inilah
yang berbahaya, yang tidak disadari
buat kita para pelajar. kita harus tahu apa saja pengaruh dari facebook dan twitter ini.
Karena pengguna situs ini di
dominasi oleh para remaja usia 14-24 tahun
sebanyak 61,1%. Akses internet untuk membuka facebook dan twitter
jelas berpengaruh terhadap kondisi keuangan (terlebih kalau akses dari warnet).
Dan biaya internet di Indonesia yang cenderung masih mahal bila dibanding
negara negara lain (mereka sudah banyak yg gratis). Ini sudah bisa
dikategorikan sebagai pemborosan, karena tidak produktif.. Selain itu sebagai pelajar waktu belajar kita akan berkurang. Ini sudah jelas, terlalu lama bermain facebook akan mengurangi jatah waktu
belajar kita sebagai pelajar.
Bahkan ada beberapa yang masih asyik bermain facebook dan twitter saat
di sekolah. Ketiga adalah tersebarnya data pribadi kita. Beberapa
facebookers dan retweet memberikan data data mengenai dirinya dengan sangat
detail. Biasanya ini untuk orang yang baru kenal internet hanya sebatas facebook dan twitter saja.
Mereka tidak tahu resikonya menyebarkan data pribadi di internet. Ingat data
data di internet mudah sekali bocor, apalagi facebook dan twitter yang
gampang sekali diambil alih orang lain. Yang ke empat yaitu mudahnya menemukan sesuatu berbau syur. Mudah sekali bagi para facebookers dan retweet menemukan sesuatu
yang berbau syur. Karena
kedua hal itu yang paling banyak dicari di internet dan juga paling mudah
ditemukan. Inilah fakta, dewasa ini pengguna intenet Indonesia. Hanya
mengguankan internet untuk mencari konten “berlendir”. Di facebook dan twitter akan
sangat mudah menemukan grup tante kesepian, grup cewek bispak dsb.
kelima adalah rawan terjadinya perselisihan. Tidak adanya kontrol dari pengelola facebook dan twitter terhadap para anggotanya dan ketidak dewasaan pengguna situs ini sendiri membuat pergesekan antar facebookers dan retweet sering sekali terjadi.
kelima adalah rawan terjadinya perselisihan. Tidak adanya kontrol dari pengelola facebook dan twitter terhadap para anggotanya dan ketidak dewasaan pengguna situs ini sendiri membuat pergesekan antar facebookers dan retweet sering sekali terjadi.
Tapi disisi lain facebook dan twitter juga bermanfaat sebagai media penghibur apabila kita sedang
berada dalam situasi kejenuhan dan dengan menggunakan situs tersebut kita juga
dapat memperluas pergaulan.
C. Dampak
positif dan negatif facebook
dan twitter bagi
pelajar
Dampak negatif facebook
dan twitter bagi
pelajar
1. Lupa beribadah
2. Terjadinya perselisihan ataupun kesalah pahaman (menyindir)
3. Mudah menemukan hal
pornografi dan tersebarnya data pribadi
4. Situs
jejaring sosial akan membuat pelajar lebih mementingkan diri
Sendiri karena kebanyakan
menghabiskan waktu di internet.
5. Berkurangnya
waktu belajar
6. Menghamburkan
uang dan pulsa
7. Pelajar menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nyata. Tingkat
pemahaman
bahasapun menjadi terganggu. Jika kita terlalu banyak
berkomunikasi di dunia maya.
Dampak positif facebook dan twitter bagi pelajar
1.
Pengaruhnya
semakin meningkat dengan perkembangan zaman smartphone seperti Blackberry dan
Iphone, remaja semakin mudah mengakses situs situs facebook dan twitter tak jarang facebook dan twitter menjadi tempat utama untuk curhat .
2.
Menghindari stress apabila suntuk dengan pelajaran, menyalurkan hobi menulis, tempat curhat (galau), berbagi informasi, bertemu teman lama, dapat memiliki banyak teman.
3.
Kita dapat belajar mengembangkan ketrampilan teknis dan sosial yang sangat
dibutuhkan di era digital seperti sekarang ini. Kita akan belajar beradaptasi, bersosialisasi dengan publik dan mengelola
jaringan pertemanan.
4.
Pelajar akan termotivasi untuk belajar mengembangkan diri melalui teman-teman
yang kita jumpai
secara online, karena kita berinteraksi dan menerima umpan
balik satu sama lain.
5.
facebook dan twitter membuat pelajar menjadi lebih bersahabat,
perhatian dan empati. Misalnya memberikan perhatian saat ada teman kita berulang tahun,
mengomentari foto, video dan status teman kita, menjaga hubungan
persahabatan meski tidak dapat bertemu secara fisik.
BAB III PENUTUP
A.
Simpulan
Dari
pembahasan di atas, dapat simpulkan bahwa Internet memberikan manfaat yang
begitu besar bagi pelajar tetapi di lain pihak internet menjadi suatu media
informasi yang tidak mudah untuk di batasi. Jadi jelas dampak dari internet dapat ditentukan oleh pengguna itu
sendiri.
Teruslah
berjuang untuk menggapai cita-cita Jangan menganggap diri sempurna dan populer
ketika followers ataupun teman anda
di jejaring sosial banyak, jangan membeda bedakan manusia Meskipun sudah ada dunia maya jangan
hanya terfokus akan dunia maya lihatlah dunia sekitar dan jangan lupa
bersosialisasi. Jejaring sosial juga dapat
menyebabkan manusia lupa beribadah dikarenakan itu kita harus pandai membagi
waktu antara dunia maya dan dunia nyata. Jejaring sosial juga dapat membahayakan kesehatan manusia terutama mata
dan dapat membahayakan tubuh seperti lupa makan ataupun lainnya. Kesimpulan yang dapat kita tarik adalah jejaring sosial memiliki banyak
manfaat tetapi tak bisa dipungkiri jejaring sosial juga memiliki berbagai macam
bahaya dan konsekuensi lainnya seperti banyak siswa dan siswi membuka situs
jejaring sosial pada saat jam pelajaran.
B. Saran
1.Lebih meningkatkan iman dan
ketakwaan masing-masing.
2.Harus ada
kesadaran dari dalam diri kita masing-masing akan bahaya dunia maya
hindari
situs-situs yang tidak layak dilihat oleh pelajar.
3.Jangan pernah berikan informasi pribadi kepada orang asing.
4.Sebaiknya orangtua selalu mengawasi, menasehati, serta mendampingi anaknya
mengenali
karakteristik layanan teknologi informasi yang digunakan. Jangan hanya
selalu
memberikan fasilitas pada anak tanpa adanya pengawasan. Perhatian orangtua sangat dibutuhkan oleh seorang anak. Jangan sampai seorang anak
terjerumus hanya karena kurangnya perhatian dari orangtuanya.
DAFTAR PUSTAKA
Ginting
Penerangan. 2006. IPS geografi SMP kelas IX. Jakarta: Erlangga .
Supriyanto.
2009. TIK SMP kelas IX. Jakarta timur: Yudhistira.
Facebook
di indonesia. Dalam Detik.com: 2012 diakses 4 Februari 2014
Pengertian facebook. Dalam http://id.wikipedia .org/wiki/facebook diakses 4
Februari 2014.
Pengertian twitter. Dalam http://id.wikipedia.org/wiki/twitter diakses 4
Februari 2014.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar